ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Main Article Content

Abstract

Seiring perkembangan bisnis yang sangat pesat banyak perusahaan yang bangkrut karena tidak mampu menjaga kestabilan kondisi keuangan perusahaan. Sehingga perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai tindakan antisipasi dan efisiensi guna mengurangi ketidakstabilan kondisi keuangan perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Biaya Produksi berpengaruh positif terhadap volume penjualan (2) Biaya Pemasaran berpengaruh positif terhadap volume penjualan (3) Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan sampel 40 orang. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebar kuesioner dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, dengan menguji kualitas data yang diperoleh dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan menggunakan uji asumsi klasik serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Biaya Produksi berpengaruh positif terhadap volume penjualan (2) Biaya Pemasaran berpengaruh positif terhadap volume penjualan (3) Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.

Article Details

Section
Articles

References

Bungin Burhan, (2011:36) Penelitian Kuantitatif: Observasi Partisipatif. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
Carter, dan Usry (2010:127) Sistem Perhitungan Biaya Produksi dan Klasifikasi Biaya Produksi. Bandung: Alfabeta.
Freddy Rangkuti, dan Basu Swastha. 2009. Volume Penjualan dan Faktor Penentu Volume Penjualan. Jakarta: Salemba Empat.
Hansen, dan Mowen (2009:159) Sistem Perhitungan Biaya Produksi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
La Midjan, (2010:183) Sistem Informasi Akuntansi I : Dokumen Penjualan dan Hasil Penjualan. Jakarta: Salemba Empat
Mulyadi, (2015:14) Manajemen Biaya Produksi dan Biaya Bahan Baku. Cetakan kelima. Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Gadja Mada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian: Teknik Pengambilan Sampel dan Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Tjiptono, Fandy (2009:03) Indikator Biaya Pemasaran. Bandung: Alfabeta.